Cara Memadupadankan Warna Sketsa Agar Menghasilkan Kombinasi Yang Sesuai

Halo semua… Setelah mempelajari tentang tips mewarnai sketsa. Kali ini kita akan belajar bagaimana cara memadukan warna yang sesuai dan tepat agar mampu menghasilkan kombinasi warna yang cantik. Yuk, langsung saja simak tips Memadukan Warna Sketsa berikut ini :

1. Mempelajari Roda warna

Cara pertama untuk Memadukan Warna Sketsa sendiri adalah dengan mempelajari roda warna. Apa itu roda warna? Roda warna adalah diagram yang menyediakan ilustrasi berguna mengenai warna apa saja yang cocok dan tidak cocok untuk dikombinasikan. Roda warna ini akan membantumu  untuk menentukan paduan warna yang paling serasi.

2. Memadukan warna primer dengan warna primer lainnya

Umumnya ada 3 tingkatan warna yaitu warna primer, warna sekunder dan juga warna tersier. Warna primer adalah warna dasar. Warna sekunder adalah warna yang dihasilkan setelah mencampurkan warna primer dengan warna primer lainnya. Sementara itu, warna tersier adalah warna yang dihasilkan ketika kita mencampurkan warna primer dengan warna sekunder.

Nah, kamu bisa memadukan beragam jenis warna ini lho. salah satunya adalah warna primer dengan warna primer lainnya. Contoh pengaplikasiannya adalah warna kuning, abu dan biru. Ketiga warna tersebut selalu harmonis dan sangat cocok untuk dipadu padankan. Perpaduan antara warna primer dan primer lainnya ini juga disebut sebagai harmoni warna.

3. Memadukan warna komplementer

Bagaimana cara menemukan warna komplementer tersebut. Caranya cukup mudah lho. Yakni dengan memanfaatkan roda warna. Pilih sebuah warna lalu gerakan jarimu ke arah warna yang berseberangan.

Dengan itu, kamu akan menemukan warna komplementer. Perpaduan antara warna komplementer tersebut tentunya akan mampu menghasilkan kombinasi warna yang unik dan menonjol yang tentunya akan semakin mempercantik sketsa warna milikmu.

Contoh warna komplementer ini adalah warna biru dan jingga, ungu dan kuning, atau hijau dan merah muda.

4. Memadukan warna analog

Sama seperti sebelumnya, cara Memadukan Warna Sketsa kali ini kita juga akan menggunakan media yakni roda warna. Warna analog adalah 2 warna yang saling berdekatan satu sama lain dalam roda warna.

Memadukan warna analog ini tentunya akan menghasilkan nuansa warna sketsa yang cantik dan menyenangkan. Contoh warna analog ini adalah warna kuning dengan warna jingga.

5. Mempelajari serta memadukan warna hangat dan warna dingin

Contoh warna hangat adalah kuning, jingga, dan merah. Sementara itu, contoh warna dingin adalah warna biru, hijau dan ungu.

Untuk Memadukan Warna Sketsa dengan perpaduan warna hangat dan dingin ini, kamu harus memerhatikan beberapa hal dasar. Seperti contohnya, jika kamu mencampur warna ungu dengan warna merah. Maka, kamu akan mendapatkan warna ungu kemerahan yang hangat.

Saat mencocokkan warna ini, kamu harus benar-benar memahami semua karakteristik warna tersebut agar nantinya kamu tidak salah pewarnaan. Menggabungkan warna hangat dan dingin secara bersamaan biasanya akan mampu menghasilkan efek warna yang cerah, menenangkan dan juga ceria.

Kesimpulan

Nah, itu tadi adalah beberapa tips singkat Memadukan Warna Sketsa yang bisa kamu coba agar pewarnaan sketsamu menjadi lebih indah dan semakin menarik lagi. Perpaduan warna tersebut tentunya harus kamu sesuaikan dengan objeknya ya. Contohnya, untuk daun kamu bisa menggabungkan warna hijau muda atau hijau tua dan lain sebagainya.

Nah, berikut ini ada contoh sketsa menarik yang bisa kamu jadikan percobaan dalam memadukan warna tersebut. Semoga bermanfaat ya…











Anda mungkin juga suka