Kategori
kartun sketsa mewarnai terbaik

Tips Mewarnai Sketsa dan Manfaat untuk Anak

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia seni terlebih seni menggambar dan seni mewarnai. Kamu bisa mencoba mewarnai sketsa lho. Apa itu sketsa? Sketsa adalah sebuah gambar polos yang belum diwarnai.

Tips mewarnai sketsa yang bisa kamu coba

Ada berbagai tips & trik untuk mewarnai sketsa yang bisa kamu coba lho. Tips dan trik tersebut tentunya sangat berguna untuk menghasilkan kombinasi warna yang unik dan cantik. Penasaran? Nah, simak Tips Mewarnai Sketsa berikut ini ya :

Perhatikan Gradiasi Warna

Tips yang pertama adalah memerhatikan gradiasi warna. Apa itu gradiasi warna? Gradiasi warna adalah tingkatan kesesuaian warna serta kecocokan komposisinya jika disandingkan dengan warna lain.

Memerhatikan gradiasi warna ini adalah salah satu hal yang sangat penting guna menghasilkan pewarnaan sketsa yang simetris dan juga berimbang. Kalau kamu masih bingung dengan tingkatan gradiasi warna. Kamu bisa browsing lebih lanjut di internet untuk mencari kolom tingkatan gradiasi warna lho.

Warna objek harus lebih mencolok dibandingkan dengan latar

Nah, Tips Mewarnai Sketsa yang selanjutnya adalah warna objek harus dibuat lebih mencolok dibandingkan dengan latarnya. Contohnya nih, ada gambar sketsa Orang yang sedang mencangkul di sawah. Objek utamanya tentunya adalah orang yang sedang mencangkul. Sementara itu, latarnya sendiri adalah sawah / lingkungan sekitar orang tersebut.

Lalu, bagaimana cara agar pewarnaan objek tersebut lebih mencolok? Kamu bisa menggunakan warna yang lebih soft untuk daerah latarnya ya. Contohnya, untuk sawah gunakan warna cokelat muda alih-alih cokelat tua. Lalu, untuk tanaman padi, gunakan saja warna hijau muda. Untuk langit lebih baik kamu menggunakan warna biru muda dibandingkan dengan biru tua. Nah, dengan pewarnaan area latar yang lebih soft otomatis objek utama sketsa tersebut harus menggunakan warna yang lebih mencolok agar fokus dari sketsa tersebut bisa lebih ditonjolkan.

Gunakan pensil warna yang sesuai

Tips Mewarnai Sketsa yang selanjutnya adalah menggunakan pensil warna yang sesuai. kamu perlu tahu lho kalau beda merek dan jenis pensil warna akan menghasilkan pewarnaan yang berbeda. Ada pensil warna yang lembut ada juga yang keras. Jadi, ada baiknya kalau kamu memilih pensil warna yang paling sesuai untuk setiap jenis pewarnaan gambar.

Gunakan teknik Mixing

Tahukah kamu bahwa mencampurkan 2 warna yang berbeda akan menghasilkan perpaduan warna yang baru. Nah, teknik memadukan 2 warna ini disebut sebagai teknik mixing. Teknik ini bisa kamu gunakan untuk semakin mempercantik hasil pewarnaan sketsamu.

Tajamkan garis tepi dengan warna sesuai

Tips Mewarnai Sketsa selanjutnya adalah dengan menajamkan garis tepi sesuai dengan warna objek. Mengapa garis tepi sebuah objek di sketsa harus ditajamkan? Hal ini bertujuan untuk menutupi garis hitam yang membentuk sebuah objek di sketsa. Contohnya nih, gunung. Kamu bisa menambahkan garis gunung tersebut dengan warna biru yang lebih mencolok lalu mulai mewarnai bagian dalamnya dengan warna biru yang lebih soft atau terang.

Cara Memadupadankan Warna Sketsa agar menghasilkan kombinasi yang sesuai.

Setelah mempelajari tentang tips mewarnai sketsa. Kali ini kita akan belajar bagaimana cara memadukan warna yang sesuai dan tepat agar mampu menghasilkan kombinasi warna yang cantik. Yuk, langsung saja simak tips Memadukan Warna Sketsa berikut ini :

Mempelajari Roda warna

Cara pertama untuk Memadukan Warna Sketsa sendiri adalah dengan mempelajari roda warna. Apa itu roda warna? Roda warna adalah diagram yang menyediakan ilustrasi berguna mengenai warna apa saja yang cocok dan tidak cocok untuk dikombinasikan. Roda warna ini akan membantumu  untuk menentukan paduan warna yang paling serasi.

Memadukan warna primer dengan warna primer lainnya

Umumnya ada 3 tingkatan warna yaitu warna primer, warna sekunder dan juga warna tersier. Warna primer adalah warna dasar. Warna sekunder adalah warna yang dihasilkan setelah mencampurkan warna primer dengan warna primer lainnya. Sementara itu, warna tersier adalah warna yang dihasilkan ketika kita mencampurkan warna primer dengan warna sekunder.

Nah, kamu bisa memadukan beragam jenis warna ini lho. sSlah satunya adalah warna primer dengan warna primer lainnya. Contoh pengaplikasiannya adalah warna kuning, abu dan biru. Ketiga warna tersebut selalu harmonis dan sangat cocok untuk dipadu padankan. Perpaduan antara warna primer dan primer lainnya ini juga disebut sebagai harmoni warna.

Memadukan warna komplementer

Bagaimana cara menemukan warna komplementer tersebut. Caranya cukup mudah lho. Yakni dengan memanfaatkan roda warna. Pilih sebuah warna lalu gerakan jarimu ke arah warna yang berseberangan.

Dengan itu, kamu akan menemukan warna komplementer. Perpaduan antara warna komplementer tersebut tentunya akan mampu menghasilkan kombinasi warna yang unik dan menonjol yang tentunya akan semakin mempercantik sketsa warna milikmu.

Contoh warna komplementer ini adalah warna biru dan jingga, ungu dan kuning, atau hijau dan merah muda.

Memadukan warna analog

Sama seperti sebelumnya, cara Memadukan Warna Sketsa kali ini kita juga akan menggunakan media yakni roda warna. Warna analog adalah 2 warna yang saling berdekatan satu sama lain dalam roda warna.

Memadukan warna analog ini tentunya akan menghasilkan nuansa warna sketsa yang cantik dan menyenangkan. Contoh warna analog ini adalah warna kuning dengan warna jingga.

Mempelajari serta memadukan warna hangat dan warna dingin

Contoh warna hangat adalah kuning, jingga, dan merah. Sementara itu, contoh warna dingin adalah warna biru, hijau dan ungu.

Untuk Memadukan Warna Sketsa dengan perpaduan warna hangat dan dingin ini, kamu harus memerhatikan beberapa hal dasar. Seperti contohnya, jika kamu mencampur warna ungu dengan warna merah. Maka, kamu akan mendapatkan warna ungu kemerahan yang hangat.

Saat mencocokkan warna ini, kamu harus benar-benar memahami semua karakteristik warna tersebut agar nantinya kamu tidak salah pewarnaan. Menggabungkan warna hangat dan dingin secara bersamaan biasanya akan mampu menghasilkan efek warna yang cerah, menenangkan dan juga ceria.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips singkat Memadukan Warna Sketsa yang bisa kamu coba agar pewarnaan sketsamu menjadi lebih indah dan semakin menarik lagi. Perpaduan warna tersebut tentunya harus kamu sesuaikan dengan objeknya ya. Contohnya, untuk daun kamu bisa menggabungkan warna hijau muda atau hijau tua dan lain sebagainya.

Berbagai Manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mewarnai sketsa

Setiap kegiatan yang positif tentunya akan membawa banyak manfaat baik kita sendiri, bukan? Dan salah satunya adalah mewarnai sketsa. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mewarnai skesta lho.

Kali ini, kita akan membahasnya dengan lebih detail.

1.Meningkatkan kreatifitas

Manfaat Mewarnai Sketsa yang bisa kamu dapatkan adalah meningkatkan kreativitas saat mewarnai sketsa kita dituntut untuk berpikir dengan lebih kreatif di mana kita harus mampu menyatukan dan memadukan semua unsur warna dengan objek gambar agar kelihatan lebih realistis dan dan tentunya menghasilkan kombinasi yang baik dan unik.

2. Sebagai sarana mengekspresikan diri

Gambar sketsa adalah salah satu sarana untuk mengekspresikan diri, baik bagi kaum muda ataupun bagi remaja. Dengan mewarnai sketsa kita bisa mentransfer segala bentuk ide ataupun pemikiran tentang pewarnaan yang terlintas di benak kita menjadi sebuah karya visual yang bisa dinikmati oleh banyak orang.

Tak jarang pula, kepribadian seseorang bisa dilihat dari pewarnaan sketsa tersebut. Lantaran emosi hingga pikiran seseorang dapat tercermin dengan baik melalui sketsa tersebut.

3.Mengisi waktu luang

Bagi remaja atau anak-anak, pastinya masih memiliki banyak waktu luang, bukan? Ada banyak sekali kegiatan positif yang bisa dilakukan, dan salah satunya adalah mewarnai sketsa ini. Dengan mewarnai sketsa maka waktu luang yang kita punya bisa lebih dimanfaatkan.

4.Mengurangi stress dan relaksasi

Selain liburan, ada banyak sekali cara untuk mengurangi rasa stress atau ketegangan yang kerap kali muncul. Dan salah satu kegiatan yang sangat direkomendasikan adalah mewarnai sketsa. Dengan mewarnai sketsa maka pikiran akan lebih rileks serta santai.

Hal ini disebabkan karena keserasian warna dan gambar akan memberikan sinyal pada otak. Otak pun akan menyalurkan hal ini pada tubuh, sehingga tubuh dapat merespon rasa nyaman ini. Pada akhirnya hal ini akan mampu meredakan rasa cemas berlebih terlebih stress.

5.Sarana sosialisasi dan kompetisi

Manfaat Mewarnai Sketsa yang selanjutnya adalah sebagai ajang sosialisasi maupun kompetisi. Hal ini berlaku untuk semua golongan umur termasuk bagi kamu yang sudah dewasa. Banyak sekali kompetisi mewarnai sketsa yang digelar setiap tahun dan mungkin salah satunya ada di kotamu. Kompetisi tersebut tentunya selain bisa dijadikan sarana hiburan dan refreshing tentunya merupakan salah satu ajang pembuktian diri serta sarana bersosialisasi dengan orang yang memiliki passion yang sama.

6. Melatih ketelitian, kesabaran dan fokus

Manfaat Mewarnai Sketsa yang selanjutnya adalah mampu melatih ketelitian, kesabaran dan fokus seseorang lho. Untuk menghasilkan kualitas gambaran yang baik maka diperlukan fokus yang lebih serta ketelitian yang mendalam agar tidak ada kesalahan dalam pewarnaan sketsa tersebut. Nah, selain itu hal ini juga memerlukan kesabaran karena hasil pewarnaan yang baik tentunya tak bisa di dapatkan secara instan.

Nah, itulah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mewarnai sketsa. Mewarnai sketsa adalah kegiatan umum yang bisa dilakukan siapa saja lho dan juga untuk orang dengan berbagai rentang usia. Karena sketsa bukan hanya untuk anak-anak saja.

Jenis Gambar Sketsa yang Mudah untuk diwarnai

Jenis sketsa tersebut tentunya dibedakan berdasarkan pada objek gambarnya. Nah, berikut ini ada beberapa Jenis Sketsa Yang Mudah Diwarnai yang mungkin bisa kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan.

gambar sketsa pemandangan terbaik kreasiwarna

Pemandangan alam

Sketsa pemandangan alam adalah sketsa yang mungkin paling banyak kalian temui, bukan? Sketsa pemandangan alam ini tentunya sangatlah unik dan menarik lho. Selain itu, terdapat banyak sekali makna yang sebenarnya terdapat dalam sketsa pemandangan alam ini. Berikut contohnya :

Pegunungan

Sketsa pemandangan alam yang satu ini juga cukup populer. Ada berbagai elemen yang ada dalam sketsa pegunungan ini. Contohnya adalah gunung, bukit, daratan menjulang, pepohonan hingga semak yang ada di sana.

Sketsa gunung ini termasuk dalam salah satu Jenis Sketsa Yang Mudah Diwarnai lho. Kalian bisa memberikan warna hijau muda atau hijau tua untuk pepohonan dan semak , biru tua untuk gunung, biru muda untuk langit atau bisa juga semburat oranye yang menandakan suasana sore dan juga warna cokelat sebagai warna tanah atau daratan di daerah pegunungan tersebut.

Pantai

Pantai juga merupakan salah satu Jenis Sketsa Yang Mudah Diwarnai. Kamu cukup mewarnai sketsa pantai dengan warna dominan biru muda. Kamu juga bisa menambahkan beberapa shading atau gradiasi warna agar pewarnaan sketsa pantai milikmu menjadi lebih terlihat realistis dan unik.

Air terjun

mewarnai air terjun untuk anak anak

Selanjutnya Jenis Sketsa Yang Mudah Diwarnai adalah air terjun. Kenapa mudah? Hal ini dikarenakan pewarnaan dasarnya yang cukup simple dan selain itu air terjun mudah diimajinasikan sehingga kamu juga lebih mudah mengaplikasikan pewarnaan air terjun ini dalam media gambar sketsa.

kumpulan ragam binatang siap diwarnai

Binatang

Jenis Sketsa Yang Mudah Diwarnai selanjutnya adalah sketsa binatang. Contohnya, kucing, tikus, kelinci hingga ikan. Hal ini dikarenakan kita telah mengetahui secara jelas bentuk serta warna kulit atau bulu setiap hewan tersebut sehingga kita juga lebih mudah memilih warna dan mengaplikasikannya pada sketsa tersebut.

Selain itu, gambar binatang juga memiliki garis yang lebih sederhana sehingga lebih memudahkanmu untuk mewarnainya nanti.

sketsa bahan mewarnai bunga terbaik

Bunga

Sketsa bunga juga merupakan sketsa yang mudah diwarnai serta populer lho. Hal ini memang tak luput dari objek gambar tersebut yang simple dan mudah dipadu padankan dengan warna apa saja. Untuk bunga yang sudah mekar kamu bisa menggunakan warna yang mencolok seperti warna merah pada bunga mawar. Untuk kelopak yang belum mekar kamu bisa menggunakan warna yang lebih terang seperti warna merah muda. Selain itu, kamu juga bisa memberikan warna hijau muda atau hijau tua pada daun bunga tersebut.

mewarnai halaman pesawat sketsa bahan mewarnai anak

Objek Benda

Sketsa benda seperti buku atau objek lain seperti pesawat, angkutan, bus, botol atau benda lainnya merupakan Jenis Sketsa Yang Mudah Diwarnai. Hal ini disebabkan karena gambar yang simple, mudah dibayangkan warna serta bentuknya serta hanya menggunakan beberapa kombinasi warna yang sederhana.

Oleh karena itu, kamu juga akan banyak menemui sketsa benda seperti ini. Untuk lebih menambahkan kesan yang unik kamu bisa memadukan warna yang sesuai ya. Kalau kamu masih bingung bagaimana cara memadukan warna yang sesuai. Kamu bisa membaca artikel sebelumnya tentang cara memadupadankan warna.

Beragam Jenis Sketsa gambar yang menarik perhatian

Ada banyak sekali ragam sketsa yang bisa kamu temui. Beberapa di antaranya memiliki karakteristik yang unik sehingga menarik perhatian banyak orang. Mungkin, kamu adalah salah satunya. Namun, semakin unik sketsa tersebut tentunya kamu harus menggunakan teknik pewarnaan yang lebih kreatif lagi agar sketsa tersebut menjadi lebih menarik lagi.

Nah, berikut ini Penulis akan membagikan beberapa Jenis Sketsa Gambar yang unik dan menarik :

Sketsa Gambar Kartun

Siapa yang tak menyukai kartun? Pastinya hampir semua orang menyukai kartun, bukan? Nah, hal ini turut membuat sketsa gambar kartun menjadi salah satu Jenis Sketsa Gambar yang sangat menarik perhatian.

kartun sketsa mewarnai terbaik

Ada banyak sekali ragam sketsa kartun ini yang bisa kamu warnai. Contohnya adalah sketsa kartun Spongebobs,  sketsa kartun Tom & Jerry, sketsa kartun Mickey Mouse serta sketsa kartun Doraemon.

Jenis sketsa kartun tersebut banyak beredar dan sangat digemari lho terutama untuk anak-anak.

Sketsa Wajah

Jenis Sketsa Gambar yang menarik perhatian lainnya adalah sketsa wajah. Proses pewarnaan sketsa wajah ini bisa dibilang lebih sulit dibandingkan sketsa jenis lainnya. Namun, jika kamu berhasil maka sketsa wajah ini akan menjadi salah satu sketsa yang sangat menarik lho.

Sketsa Anime Terkenal

Banyak sekali anime yang sangat populer lho. Bahkan anime tersebut juga memiliki fanbasenya masing-masing. Contohnya saja dalam serial Naruto ada karakter Naruto, Sasuke, Sakura, Kakashi dan karakter lainnya yang terkenal. Karakter tersebut tentunya sangatlah digemari dan dikenal luas oleh banyak orang.

Oleh karena itu sketsa anime ini adalah satu satu Jenis Sketsa Gambar yang mampu menarik perhatian banyak orang. Untuk pewarnaannya sendiri akan lebih baik apabila kamu menyesuaikan dengan outfit yang biasa dikenakan oleh tokoh tersebut ya.

Kamu juga bisa melakukan beberapa improvisasi yang sesuai dengan karakter kartun tersebut ya. Tentunya improvisasi ini akan menarik perhatian lebih karena itu bisa dianggap sebagai salah satu hal yang baru dan unik.

Sketsa Tempat

Selain sketsa pemandangan alam ada berbagai Jenis Sketsa Gambar tempat yang juga tak kalah menarik lho contohnya sketsa taman, sketsa sebuah taman wisata dan juga berbagai macam sketsa lainnya.

Di dalam sketsa tempat tersebut tentunya ada banyak sekali objek yang digunakan untuk menggambarkan tempat tersebut. Contohnya adalah sketsa taman, di dalam sketsa taman akan terdapat banyak objek  pendukung seperti bunga-bunga, kursi taman, pepohonan atau bahkan tiang lampu di taman. Untuk sketsa tempat wisata seperti di pasar malam, tentunya akan ada berbagai jenis wahana permainan seperti kincir angin. Ada pula para pengunjung, berbagai penjual makanan serta berbagai objek pendukung lainnya.

Agar membuat sketsa tempat di atas menjadi lebih baik lagi. Maka, kamu juga harus menyesuaikan komposisi warna yang ada dalam sketsa tersebut.

Jenis Sketsa Gambar tersebut sangat menarik lantaran mampu menggambarkan suasana tempat yang sering kita kunjungi. Jadi, dengan sketsa tersebut kita bisa bernostalgia dengan pengalaman saat berada di tempat tersebut.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa Jenis Sketsa Gambar menarik yang bisa kamu coba warnai. Untuk mewarnai sketsa tersebut tentunya kamu memerlukan kesabaran dan kreatifitas yang cukup tinggi. Yuk, coba mewarnai sketsa.