Tips Mewarnai Sketsa Yang Bisa Kamu Coba

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia seni terlebih seni menggambar dan seni mewarnai. Kamu bisa mencoba mewarnai sketsa lho. Apa itu sketsa? Sketsa adalah sebuah gambar polos yang belum diwarnai.

Ada berbagai tips & trik untuk mewarnai sketsa yang bisa kamu coba lho. Tips dan trik tersebut tentunya sangat berguna untuk menghasilkan kombinasi warna yang unik dan cantik. Penasaran? Nah, simak Tips Mewarnai Sketsa berikut ini ya :

1.Perhatikan Gradiasi Warna

Tips yang pertama adalah memerhatikan gradiasi warna. Apa itu gradiasi warna? Gradiasi warna adalah tingkatan kesesuaian warna serta kecocokan komposisinya jika disandingkan dengan warna lain.

Memerhatikan gradiasi warna ini adalah salah satu hal yang sangat penting guna menghasilkan pewarnaan sketsa yang simetris dan juga berimbang. Kalau kamu masih bingung dengan tingkatan gradiasi warna. Kamu bisa browsing lebih lanjut di internet untuk mencari kolom tingkatan gradiasi warna lho.

2.Warna objek harus lebih mencolok dibandingkan dengan latar

Nah, Tips Mewarnai Sketsa yang selanjutnya adalah warna objek harus dibuat lebih mencolok dibandingkan dengan latarnya. Contohnya nih, ada gambar sketsa Orang yang sedang mencangkul di sawah. Objek utamanya tentunya adalah orang yang sedang mencangkul. Sementara itu, latarnya sendiri adalah sawah / lingkungan sekitar orang tersebut.

Lalu, bagaimana cara agar pewarnaan objek tersebut lebih mencolok? Kamu bisa menggunakan warna yang lebih soft untuk daerah latarnya ya. Contohnya, untuk sawah gunakan warna cokelat muda alih-alih cokelat tua. Lalu, untuk tanaman padi, gunakan saja warna hijau muda. Untuk langit lebih baik kamu menggunakan warna biru muda dibandingkan dengan biru tua. Nah, dengan pewarnaan area latar yang lebih soft otomatis objek utama sketsa tersebut harus menggunakan warna yang lebih mencolok agar fokus dari sketsa tersebut bisa lebih ditonjolkan.

3.Gunakan pensil warna yang sesuai

Tips Mewarnai Sketsa yang selanjutnya adalah menggunakan pensil warna yang sesuai. kamu perlu tahu lho kalau beda merek dan jenis pensil warna akan menghasilkan pewarnaan yang berbeda. Ada pensil warna yang lembut ada juga yang keras. Jadi, ada baiknya kalau kamu memilih pensil warna yang paling sesuai untuk setiap jenis pewarnaan gambar.

4. Gunakan teknik Mixing

Tahukah kamu bahwa mencampurkan 2 warna yang berbeda akan menghasilkan perpaduan warna yang baru. Nah, teknik memadukan 2 warna ini disebut sebagai teknik mixing. Teknik ini bisa kamu gunakan untuk semakin mempercantik hasil pewarnaan sketsamu.

5. Tajamkan garis tepi dengan warna sesuai

Tips Mewarnai Sketsa selanjutnya adalah dengan menajamkan garis tepi sesuai dengan warna objek. Mengapa garis tepi sebuah objek di sketsa harus ditajamkan? Hal ini bertujuan untuk menutupi garis hitam yang membentuk sebuah objek di sketsa. Contohnya nih, gunung. Kamu bisa menambahkan garis gunung tersebut dengan warna biru yang lebih mencolok lalu mulai mewarnai bagian dalamnya dengan warna biru yang lebih soft atau terang.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa Tips Mewarnai Sketsa yang bisa aku bagikan. Semoga hasil pewarnaamu menjadi lebih cantik lagi ya nantinya dengan tips di atas. Nah, Penulis juga punya rekomendasi gambar sketsa yang bisa kamu coba seperti di bawah ini :

Yuk, tingkatkan kreatifitasmu dengan mewarnai sketsa tersebut…

Semoga bermanfaat ya…

Anda mungkin juga suka